Pelatihan Pengelolaan BUMDES

EDI SETIAWAN 20 Desember 2019 14:45:07 WIB

SID-GC (20/12/2019) Pelatihan pengelolaan BUMDes bagi pengurus, pelaku pengelola pasar desa dan Pokdarwis objek wisata watu Gupit serta Tokoh Masyarakat. Dihadiri dari kecamatan Purwosari Bpk Purwono, S.IP., M.Si. Bpk Suharto, SH selaku sekcam beserta Pendamping Desa serta Pendamping BUMDes kab Gunungkidul.

Pelatihan Manajemen Bumdes dari Pendamping BUMDes Kabupaten Gunungkidul menelisik potensi Bumdes seperti halnya BUMN. BUMDes selayaknya menjadi pengendali dan pengelola aset milik Desa. Menjadi tulang punggung masyarakat desa. Manajemen pengelolaan BUMDes yang baik akan berdampak secara umum di masyarakat. Baik dibidang ekonomi, wisata serta sosial. 

Desa Giricahyo Punya potensi Pasar Desa, objek wisata watu Gupit serta air Goa Plawan. Pesan Sekcam Purwosari Bpk Suharto, SH, "Dana Desa tidak selamanya ada dan Pemerintah Desa harus punya inisiasi untuk tindak lanjut kalau sewaktu-waktu Dana tersebut dihapus. Kita punya potensi Objek Wisata Watu Gupit. Kita kembangkan potensi yang ada, beli tanah sekitar atau disewa untuk dikelola BUMDes Giricahyo. Potensi lain adalah kekayaan air bawah tanah, apabila kita bisa mengangkat kekayaan air bawah tanah guna kebutuhan masyarakat dan ini menjadi upaya yang baik."

BUMDes tidak sepenuhnya berorientasi profit namun harus ada nilai sosial untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Keberadaan "BUMDes tidak boleh mematikan usaha masyarakat tapi memajukan kesejahteraan masyarakat," tutur kata Pendamping.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giricahyo

tampilkan dalam peta lebih besar